CallBook now
Powered by Massimo Salerno

Perhitungan Struktur Bangunan

Kontraktor Interior Jakarta
August 14, 2019
jasa desain interior murah jakarta, eldior, 0812-8471-1444
JASA INTERIOR DESAIN MURAH DI JAKARTA
December 18, 2019
Struktur bangunan adalah penopang dari pertimbangan kenyamanan sebuah bangunan. Tentunya akan merasa khawatir dan tidak nyaman memiliki sebuah bangunan yang mana anda sendiri tidak mengetahui seberapa kuat bangunan itu untuk menopang beban orang, peralatan rumah tangga, furniture, goncangan gempa, penurunan tanah, dsb.
Hal – hal superti itulah yang dapat mengakibatkan miringnya posisi bangunan, retak, atau muncul perbedaan elevasi lantai yang berakibat pada pecahnya keramik atau lantai marmer anda.
Related image
Mari kita mengenal sepenting apa perhitungan struktur bangunan.
Struktur bangunan yang baik memiliki 3 (tiga) kategori dasar, yaitu:
  1. Kuat
  2. Aman, dan
  3. Ekonomis

 

Image result for kolom balok pelat struktur

 

 

Sebuah bangunan berkisar pada Struktur Bawah, yaitu pondasi, dan Struktur Atas yaitu:

  • Kolom
  • Balok
  • Pelat¬†dan lain-lain

 

 

Pada sebuah bangunan terdapat beberapa macam beban yang berpengaruh terhadap kestabilan dan kekuatan bangunan, antara lain:

  • Beban Hidup (Beban Orang, Beban Kendaraan, Beban lain yang sifatnya dapat berubah-ubah besarannya)
  • Beban Mati (Berat Sendiri Bangunan, Beban yang terproyeksi besar bebannya cenderung tetap)
  • Beban Gempa (Beban akibat terjadinya gempa berkaitan dengan ketinggian dan berat bangunan secara keseluruhan)
  • Beban Angin (Beban yang ditimbulkan akibat gerakan angin. Pada bangunan tinggi, beban angin ini sangat berpengaruh karena beban angin diketinggian tertentu tidak akan sama dengan beban angin di ketinggian 1 m)
  • Beban Hujan (Beban yang akan memepengaruhi atap)
  • Beban Gelombang Air Laut (Beban yang berpengaruh terhadap kestabilan bangunan yang diakibatkan air laut. Seperti bangunan dermaga atau breakwater)
  • dan Beban-Beban lain
Beban ini akan ditopang oleh struktur atas dan disalurkan menuju struktur bawah. Struktur bawah akan berkaitan dengan kondisi tanah. Tanah sebagai penopang bangunan harus diketahui kemampuannya dengan pengujian tanah. Pengujian tanah menggambarkan daya dukung tanah dan variabel-variabel dukung tanah untuk menentukan dimensi struktur bawah terhadap beban yang dimiliki bangunan. Apakah harus menggunakan struktur pondasi dalam (Pancang atau tiang bor) atau cukup menggunakan pondasi pelat.
Sedikit gambaran tentang perhitungan struktur adalah perhitungan untuk menganalisa beban-beban yang bekerja pada bangunan atau yang mempengaruhi kestabilan bangunan dan menghasilkan output berupa kebutuhan dimensi struktur (baik dimensi balok, kolom, pondasi, tebal pelat beton, kebutuhan penulangan, posisi titik-titik kolom dan grid balok, titik-titik pondasi, apakah perlu menggunakan pondasi telapak atau pondasi pancang, kedalaman pondasi yang efektif, dan lain-lain) yang menghasilkan desain struktur yang Kuat, Aman, dan Ekonomis.

Struktur bangunan tanpa perhitungan yang tepat akan menghasilkan pemborosan biaya dikarenakan dimensi struktur bangunan yang terlalu besar. Namun yang lebih berbahaya adalah kelemahan bangunan terhadap beban-beban yang bekerja pada bangunan. Oleh karena itu, hindari kontraktor atau konsultan arsitek yang tidak dapat menunjukkan laporan perhitungan struktur bangunan yang akan anda bangun.

Maka dari itu, percayakan pekerjaan struktur bangunan anda hanya kepada perusahaan kontraktor interior dan eksterior terbaik di Jakarta, PT. Eldior Cipta Karya .

Terima kasih telah mengunjungi kami dan salam sukses selalu.

PT. Eldior Cipta Karya
Karindra Building, Lantai 2 / 09.
JL. Palmerah Selatan. NO. 30A,
Jakarta Pusat.
Telp/ WhatsApp : +6281284711444, +6287883367666
marketing@eldior.com
www.eldior.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp